Jumat, 14 Oktober 2011

Hobi Unik dan Menguntungkan, Papercraft

Apa itu papercraft ?
Papercraft atau Paper Model atau Papakura adalah hobi buat model dari bahan lembaran kertas yang kaku atau agak tebal, Hobi ini mengambungkan unsur seni melipat kertas (origami) dan card modeling. Hobby yang tergolong unik ini bisa dikatakan gampang-gampang sulit, karena memerlukan kesabaran dan ketelitian. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat polanya terlebih dahulu lewat komputer. Atau jika kalian tidak mau repot-repot ngegambar pola, kalian bisa ngedownload. Setelah pola selesai, tinggal diprint di kertas yang agak tebal. Printernya kalau bisa yang kualitas ngeprint-nya bagus, dengan tujuan warna yang dicetak tidak rusak dan indah. Selanjutnya potong-potong untuk selanjutnya dirangkai dengan cara dilem pakai lem kertas. Alat menggunting dan memontong standar saja, gunting dan cutter. Ditambah lem dan tusuk gigi (alat bantu menempel) maka proyek pembangunan sudah bisa dilakukan. Satu lagi tambahan, pilox clear. Pilox digunakan dibagian akhir (finishing) ketika replika sudah jadi. Gunanya untuk membuat warna pada replika kita jadi tahan lama dan tidak luntur.
Satu hal lagi yang menarik dari hobby ini. Jika kalian merasa jago dalam membuat pola papercraft, kalian bisa menjualnya lewat internet ataupun secara langsung, misalnya lewat pameran atau sebagainya.  Harga yang ditawarkanpun nggak main-main, tergantung tingkat kesulitan dalam pembuatan pola. Semoga Rubrik Hobby kali ini bermanfaat. Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar